Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam - Panduan Budidaya

Budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha bisnis di bidang budidaya perikanan, banyak sekali yang sudah menerapkan atau berbisnis ikan lele, baik itu budidaya lele di kerambah, kolam, ataupun terpal. Banyak sekali informasi yang pastinya sudah di bagikan ke google yang dimana sudah memberikan cara budidaya ikan lele, tapi di kesempatan kali ini, situs peluang usaha terbaru akan berbagi tentang panduan lengkap untuk memulai, merawat sampai memanent ikan lele yang akan di budidayakan.
budidaya ikan lele di kolam
Cara budidaya ikan lele di kolam
Banyak sekali teknik untuk memulai budidaya ikan lele baik itu pemilihan tempat untuk membuat kolam, pembibita, perawatan dan sampai masa panen dimana masa yang pastinya sangat di tunggu-tunggukan. Untuk itu kami akan menyampaikan informasi budidaya ikan lele secara detail agar bisa memberikan manfaat dan juga bisa memberikan usaha budidaya perikanan yang sukses untuk anda.

1. Pemilihan tempat kolam
kolam ikan lele
Kolam untuk peletakan ikan memang harus benar-benar strategis, agar bisa memberikan dukungan bagi ikan dan membuat ikan tetap tenang, air tidak cepat panas dan masih banyak lagi. Pilihlah tempat untuk membuat kolam yang jauh dari keramaian dan bila perlu anda membuat tembok seperti gambar di atas. Untuk ukuran besar kolam ada bisa membuat kolam dengan ukuran 3m x 3m dan tergantung lahan yang anda miliki. Anda bisa juga membuatnya langsung di kolam tanah.

2. Pembibitan lele
Bibitan ikan lele
Bibit ikan lele merupakan hal yang paling terpenting, dimana bibit yang akan di letakkan ke kolam yang sudah jadi tadi seukuran lebih kura sebesar ibu jari, agar bibit yang sudah di letakkan ke kolam kuat dan tidak mudah mati. Pastikan juga agar membibitkan ikan lele tidak di hari penghujan atau petir agar ikan tetap hidup. Untuk pakan bagi bibit ikan lele harus menggunakan pelet yang kecil agar bisa di makan ikan lelet dan itu hanya pakan tambahan karena bibit masih belum bisa memakan semua pakan pelet yang telah di taburkan.

3. Masa perawatan ikan lele
Perawatan ikan lele

Perawatan ikan memang tidak sesulit untuk membibitkan ikan lele, karena kita hanya di perawatan ikan, kita harus menchek kualitas air, memberikan pakan tambahan dan juga mengobati ikan yang teluka. Di masa ini memang banyak sekali ikan yang sangat sensitif untuk berkelahi, anda bisa membuat kolam yang lebih besar agar menghindari dari perkelahian.

4. Masa panen ikan lele
masa panen ikan lele

Pastinya masa ini yang paling di nantikan bagi orang yang membudidayakan, dimana masa yang sangat berharga yang telah kita tunggu dari masa-masa sebelumnya. Untuk memulai budidaya ikan lele, anda bisa mengambil indukan yang besar dari hasil panen tersebut.

Demikianlah informasi cara budidaya ikan lele yang dapat kami sampaikan untuk anda semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat yang baik dan memberikan peluang usaha untuk anda. Anda juga bisa melihat informasi lainnya seperti budidaya buah alpukat terima kasih.

Komentar